Apa itu JAFRA? - Blog Inda Ridwana

12 Mei 2018

Apa itu JAFRA?

Apa itu JAFRA

JAFRA Cosmetics Internasional, Inc adalah produsen sekaligus pemasar langsung produk kosmetik internasional asal Amerika yang beroperasi di lebih dari 18 negara.
Sejak tahun 2004, JAFRA menjadi anggota dari Vorwerk Group, sebuah perusahaan keluarga yang didirikan pada tahun 1883 dengan kantor pusat di Jerman.

Nama

Nama perusahaan berasal dari nama pertama pendirinya yaitu Jan dan Frank (JA + FRA).

Pendiri

JAFRA didirikan oleh Jan dan Frank Day pada tahun 1956 di Malibu, California. Saat ini Jafra sudah berusia hampir 62 tahun.

Pasangan suami istri pendri Jafra mempelajari rahasia kecantikan Mesir kuno dan menciptakan produk perawatan kulit yang menjadi ciri khas JAFRA yaitu Royal Jelly Milk Balm.
Produk perusahaan terus berkembang hingga mencakup lebih dari 700 produk mulai dari perawatan kulit, wewangian, kosmetik, dan toiletries.

Produk

Produk-produk yang diciptakan oleh Jafra senantiasa melalui uji laboratorium serta uji klinis oleh serangkaian ahli yang mumpuni di bidangnya.
Produk Jafra merupakan hasil kombinasi dari ramuan India kuno yakni Ayurveda serta teknologi modern, sehingga tercipta produk perawatan kulit yang berkualitas tinggi.
Dalam proses pembuatan produk, Jafra tidak menggunakan bahan hydroquinone dan merkuri yang merupakan bahan pemutih kulit berbahaya.
Selain itu, Jafra juga tidak menggunakan bahan yang mengandung plasenta, darah, babi, maupun anjing. Jafra pun tidak melakukan percobaan pada hewan (no animal testing).

Model Bisnis

Konsultan JAFRA memperoleh pendapatan melalui penjualan langsung produk kecantikan eksklusif.
Konsultan JAFRA bisa menjual produk secara langsung atau dalam lingkungan kelompok kecil serta mempromosikan produk melalui website, blog, dan jejaring sosial.

Merger dan Akuisisi

JAFRA menjadi anak perusahaan Gillette Corporation di tahun 1973. Pada tahun 1998, Jafra diakuisisi oleh Clayton, Dubilier & Rice Inc.
Pada tahun 2004, Vorwerk & Co KG, sebuah perusahaan keluarga dengan kantor pusat di Jerman, mengakuisisi Jafra. Vorwerk adalah perusahaan penjualan langsung terbesar keempat di dunia pada tahun 2013.

Ekspansi Global

Pada tahun 1978, JAFRA membuka pasar di beberapa negara Eropa yakni Italia, Austria, Belanda, dan Jerman. Kemudian pada tahun 1979, jaringan pemasaran Jafra diperluas hingga ke Meksiko.
Selain itu, perusahaan juga memperluas diri ke Asia, dengan memasuki pasar India pada tahun 2010 dan Indonesia pada tahun 2013. Oleh karena itu, di Indonesia Jafra sudah berusia 5 tahun.

Jaringan pemasaran di Indonesia memiliki grafik yang meningkat cukup signifikan dari tahun ke tahun dan menjadi salah satu negara dengan jumlah konsultan independen Jafra yang terbesar.
JAFRA beroperasi di 18 negara yang antara lain meliputi Amerika Serikat, Meksiko, Brasil, Austria, Jerman, Italia, Belanda, Rusia, Swiss, India, dan Indonesia.
JAFRA juga memiliki distributor yang berlokasi di Republik Dominika, Argentina, Kolombia, Peru, Republik Ceko, Hungaria, dan Slovenia.

Tidak ada komentar: