21 Agustus 2012

on Leave a Comment

DELAPAN PERANGKAT PEMBELAJARANMADRASAH TSANAWIYAH / MTsRENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( R P P )

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )


 

MTs    :     ...............................................

Mata Pelajaran     :    Fiqih

Kelas/Semester    :    VIII / 1

Alokasi Waktu     :    4 x 40 menit (1 Kali pertemuan)


 

  1. Standar Kompetensi

    1.     Melaksanakan tata cara Sujud diluar shalat         

  1. Kompetensi Dasar

    1.1    Menjelaskan ketentuan Sujud syukur dan tilawah

  2. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat menjelaskan pengertian Sujud syukur dan dalilnya
  • Siswa dapat menyebutkan tata cara Sujud syukur
  • Siswa dapat menyebutkan do'a
    Sujud syukur
  1. Materi Pembelajaran
  • Sujud syukur
  1. Metode Pembelajaran
  • Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
  • Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian Sujud syukur dan tilawah
  • Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
  • Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
  1. Langkah-langkah Pembelajaran

No 

Uraian Kegiatan

Waktu 

1 

Kegiatan awal :

Apersepsi :

  • Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi Sujud syukur dan tilawah

Motivasi :

  • Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar Sujud syukur dan tilawah dan tatacaranya yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari

10 menit 

2 

Kegiatan
Inti :

  • Siswa membaca literatur/referensi tentang Sujud syukur dan tilawah. (fase eksplorasi)
  • Siswa mengamati demonstrasi guru tentang Sujud syukur dan tilawah dan tatacaranya (fase eksplorasi)
  • Membuat bagan Sujud syukur dan tilawah dan tatacaranya (fase elaborasi)
  • Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
  • Salah seorang siswa mempraktekkan Sujud syukur dan tilawah sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan (fase elaborasi)
  • Penguatan tentang pengertian Sujud syukur dan tilawah (fase konfirmasi)

60 Menit 

3 

Kegiatan akhir :

  • Tanya jawab tentang materi Sujud syukur dan tilawah.
  • Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian Sujud syukur dan tilawah untuk pertemuan selanjutnya.

10 menit 


 

  1. Sumber belajar dan media pembelajaran
  • Al Qur'an terjemahan dan hadits
  • Buku acuan Paket Fikih Depag
  • Alat: OHP/komputer,LCD, VCD tentang Sujud syukur
  1. Penilaian

Indikator Pencapaian 

Jenis Penilaian 

Bentuk Penilaian 

Contoh Instrumen 

  • Siswa dapat menjelaskan pengertian Sujud syukur dan dalilnya
  • Siswa dapat menjelaskan sebab-sebab Sujud syukur
  • Siswa dapat mempraktekkan Sujud syukur

Tes tulis


 

Tes tulis


 

Performan

Uraian


 

Uraian  

  • Jelaskan pengertian Sujud syukur dan dalilnya!
  • Jelaskan sebab-sebab Sujud Syukur!


 


 


 


 


 


 

Mengetahui

Kepala Madrasah


 


 


 


 


 

...........................................

NIP.

 

.............. , ...............................

Guru Bidang Studi Fiqih


 


 


 


 


 

..........................................

NIP.


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )


 

MTs    :     ...............................................

Mata Pelajaran     :    Fiqih

Kelas/Semester    :    VIII / 1

Alokasi Waktu     :    4 x 40 menit (1 Kali pertemuan)


 

  1. Standar Kompetensi

    1.     Melaksanakan tata cara Sujud diluar shalat         

  1. Kompetensi Dasar

    1.2    Mempraktekkan Sujud syukur dan tilawah

  2. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat menjelaskan pengertian Sujud tilawah dan dalilnya
  • Siswa dapat menjelaskan sebab-sebab Sujud tilawah
  • Siswa dapat menyebutkan do'a
    Sujud tilawah
  1. Materi Pembelajaran
  • Sujud tilawah
  1. Metode Pembelajaran
  • Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
  • Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian Sujud syukur dan tilawah
  • Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
  • Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
  1. Langkah-langkah Pembelajaran

No 

Uraian Kegiatan 

Waktu 

1 

Kegiatan awal :

Apersepsi :

  • Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi Sujud syukur dan tilawah

Motivasi :

  • Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar Sujud syukur dan tilawah dan tatacaranya yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari

10 menit 

2 

Kegiatan
Inti :

  • Siswa membaca literatur/referensi tentang Sujud syukur dan tilawah. (fase eksplorasi)
  • Siswa mengamati demonstrasi guru tentang Sujud syukur dan tilawah dan tatacaranya (fase eksplorasi)
  • Membuat bagan Sujud syukur dan tilawah dan tatacaranya (fase elaborasi)
  • Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
  • Salah seorang siswa mempraktekkan Sujud syukur dan tilawah sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan (fase elaborasi)
  • Penguatan tentang pengertian Sujud syukur dan tilawah (fase konfirmasi)

60 Menit 

3 

Kegiatan akhir :

  • Tanya jawab tentang materi Sujud syukur dan tilawah.
  • Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian Sujud syukur dan tilawah untuk pertemuan selanjutnya.

10 menit 


 

  1. Sumber belajar dan media pembelajaran
  • Al Qur'an terjemahan dan hadits
  • Buku acuan Paket Fikih Depag
  • Alat: OHP/komputer,LCD, VCD tentang Sujud Tilawah
  1. Penilaian

Indikator Pencapaian 

Jenis Penilaian 

Bentuk Penilaian 

Contoh Instrumen 

  • Siswa dapat menjelaskan pengertian Sujud Tilawah
  • Siswa dapat menjelaskan sebab-sebab Sujud Tilawah
  • Siswa dapat melafalkan bacaan dalam Sujud
    Tilawah
  • Siswa dapat melafalkan bacaan Sujud tilawah
  • Siswa dapat mendemonstrasikan Sujud Tilawah

Tes tulis


 

Tes lisan


 

Tes lisan


 

Tes lisan


 

Unjuk kerja

Uraian


 

Uraian


 


 

Uraian 

  • Jelaskan pengertian Sujud Tilawah!


 

  • Sebutkan sebab-sebab Sujud Tilawah!


 


 

  • Sebutkan lafal bacaan Sujud tilawah!


 


 


 


 


 


 

Mengetahui

Kepala Madrasah


 


 


 


 


 

...........................................

NIP.

 

.............. , ...............................

Guru Bidang Studi Fiqih


 


 


 


 


 

..........................................

NIP.


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )


 

MTs    :     ...............................................

Mata Pelajaran     :    Fiqih

Kelas/Semester    :    VIII / 1

Alokasi Waktu     :    4 x 40 menit (1 Kali pertemuan)


 

  1. Standar Kompetensi

    2.     Memahami tatacara puasa         

  1. Kompetensi Dasar

    2.1    Menjelaskan ketentuan puasa

  2. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat menjelaskan pengertian puasa dan dalilnya
  • Siswa dapat menjelaskan syarat dan rukun puasa
  • Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang makruh pada waktu berpuasa
  • Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang mrmbatalkan puasa
  1. Materi Pembelajaran
  • Puasa
  1. Metode Pembelajaran
  • Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
  • Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian puasa
  • Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
  • Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
  1. Langkah-langkah Pembelajaran

No 

Uraian Kegiatan 

Waktu 

1 

Kegiatan awal :

Apersepsi :

  • Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi puasa

Motivasi :

  • Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar puasa dan tatacaranya.

10 menit 

2 

Kegiatan
Inti :

  • Siswa membaca literatur/referensi tentang puasa. (fase eksplorasi)
  • Siswa mengamati demonstrasi guru tentang puasa dan tatacaranya (fase eksplorasi)
  • Membuat bagan puasa dan tatacaranya (fase elaborasi)
  • Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
  • Penguatan tentang pengertian puasa (fase konfirmasi)

60 Menit 

3 

Kegiatan akhir :

  • Tanya jawab tentang materi puasa.
  • Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian puasa untuk pertemuan selanjutnya.

10 menit 


 

  1. Sumber belajar dan media pembelajaran
  • Al Qur'an terjemahan dan hadits
  • Buku acuan Paket Fikih Depag
  • Alat: OHP/komputer,LCD.
  • Bahan: LKS, Bahan Presentasi


 

  1. Penilaian

Indikator Pencapaian 

Jenis Penilaian 

Bentuk Penilaian 

Contoh Instrumen 

  • Siswa dapat menjelaskan pengertian puasa dan dalilnya.
  • Siswa dapat menjelaskan syarat dan rukun puasa.
  • Siswa dapat menjelaskan amalan yang di sunah waktu berpuasa
  • Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang makruh pada waktu berpuasa
  • Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang mrmbatalkan puasa
  • Siswa dapat melafalkan do`a berbuka puasa

Tes tulis


 

Tes lisan


 


 

Tes lisan


 


 

Tes lisan

Uraian


 

Uraian  

  • Jelaskan pengertian puasa dan dalilnya!


 

  • Sebutkan syarat dan rukun puasa!


 

  • Sebutkan amalan yang di sunah waktu berpuasa!


 


 

Mengetahui

Kepala Madrasah


 


 


 


 


 

...........................................

NIP.

 

.............. , ...............................

Guru Bidang Studi Fiqih


 


 


 


 


 

..........................................

NIP.


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )


 

MTs    :     ...............................................

Mata Pelajaran     :    Fiqih

Kelas/Semester    :    VIII / 1

Alokasi Waktu     :    4 x 40 menit (1 Kali pertemuan)


 

  1. Standar Kompetensi

    2.     Memahami tatacara puasa         

  1. Kompetensi Dasar

    2.2    Menjelaskan macam-macam puasa

  2. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat menjelaskan hukum puasa Ramadlan dan dalilnya
  • Siswa dapat menjelaskan cara menentukan awal dan akhir Ramadlan dan dalilnya
  • Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang membolehkan tidak berpuasa dan dalilnya
  • Siswa dapat menyebutkan amalan sunah sertta hal-hal yang dilarang pada bulan
  • Siswa dapat menjelaskan kafarat bagi orang melanggar larangan puasa Ramadlan dan dalilnya
  1. Materi Pembelajaran
  • Puasa Ramadhan
  1. Metode Pembelajaran
  • Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
  • Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian puasa
  • Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
  • Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
  1. Langkah-langkah Pembelajaran

No 

Uraian Kegiatan 

Waktu 

1 

Kegiatan awal :

Apersepsi :

  • Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi puasa

Motivasi :

  • Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar puasa dan tatacaranya.

10 menit

2 

Kegiatan
Inti :

  • Siswa membaca literatur/referensi tentang puasa. (fase eksplorasi)
  • Siswa mengamati demonstrasi guru tentang puasa dan tatacaranya (fase eksplorasi)
  • Membuat bagan puasa dan tatacaranya (fase elaborasi)
  • Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
  • Penguatan tentang pengertian puasa (fase konfirmasi)

60 Menit 

3 

Kegiatan akhir :

  • Tanya jawab tentang materi puasa.
  • Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian puasa untuk pertemuan selanjutnya.

10 menit 


 

  1. Sumber belajar dan media pembelajaran
  • Al Qur'an terjemahan dan hadits
  • Buku acuan Paket Fikih Depag
  • Alat: OHP/komputer,LCD.
  • Bahan: LKS, Bahan Presentasi
  1. Penilaian

Indikator Pencapaian 

Jenis Penilaian 

Bentuk Penilaian 

Contoh Instrumen 

  • Siswa dapat menjelaskan hukum puasa Ramadlan dan dalilnya
  • Siswa dapat menjelaskan cara menentukan awal dan akhir Ramadlan dan dalilnya
  • Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang membolehkan tidak berpuasa dan dalilnya
  • Siswa dapat menjelaskan amalan sunah sertta hal-hal yang dilarang pada bulan Ramadlan dan dalilnya
  • Siswa dapat menjelaskan kafarat bagi orang melanggar larangan puasa Ramadlan dan dalilnya

Tes tulis


 

Tes lisan


 


 

Tes lisan


 


 

Tes lisan

Uraian


 

Uraian  

  • Jelaskan hukum puasa Ramadlan dan dalilnya!


 

  • Jelaskan cara menentukan awal dan akhir Ramadlan dan dalilnya!


 

  • Jelaskan amalan sunah sertta hal-hal yang dilarang pada bulan Ramadlan dan dalilnya!


 

Mengetahui

Kepala Madrasah


 


 


 


 


 

...........................................

NIP.

 

.............. , ...............................

Guru Bidang Studi Fiqih


 


 


 


 


 

..........................................

NIP.


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )


 

MTs    :     ...............................................

Mata Pelajaran     :    Fiqih

Kelas/Semester    :    VIII / 1

Alokasi Waktu     :    4 x 40 menit (1 Kali pertemuan)


 

  1. Standar Kompetensi

    2.     Memahami tatacara puasa         

  1. Kompetensi Dasar

    2.2    Menjelaskan macam-macam puasa

  2. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat menjelaskan pengertian puasa Nadzar dan dalilnya
  • Siswa dapat menjelaskan hukum puasa nadzar
  • Siswa dapat menjelaskan sebab-sebab terjadinya puasa nadzar
  1. Materi Pembelajaran
  • Puasa Nadzar
  1. Metode Pembelajaran
  • Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
  • Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian puasa
  • Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
  • Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
  1. Langkah-langkah Pembelajaran

No 

Uraian Kegiatan 

Waktu 

1 

Kegiatan awal :

Apersepsi :

  • Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi puasa

Motivasi :

  • Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar puasa dan tatacaranya.

10 menit 

2 

Kegiatan
Inti :

  • Siswa membaca literatur/referensi tentang puasa. (fase eksplorasi)
  • Siswa mengamati demonstrasi guru tentang puasa dan tatacaranya (fase eksplorasi)
  • Membuat bagan puasa dan tatacaranya (fase elaborasi)
  • Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
  • Penguatan tentang pengertian puasa (fase konfirmasi)

60 Menit 

3 

Kegiatan akhir :

  • Tanya jawab tentang materi puasa.
  • Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian puasa untuk pertemuan selanjutnya.

10 menit 


 

  1. Sumber belajar dan media pembelajaran
  • Al Qur'an terjemahan dan hadits
  • Buku acuan Paket Fikih Depag
  • Alat: OHP/komputer,LCD.
  • Bahan: LKS, Bahan Presentasi


 


 

  1. Penilaian

Indikator Pencapaian 

Jenis Penilaian 

Bentuk Penilaian 

Contoh Instrumen 

  • Siswa dapat menjelaskan pengertian puasa Nadzardan dalilnya
  • Siswa dapat menjelaskan hukum puasa nadzar
  • Siswa dapat menjelaskan sebab-sebab terjadinya puasa nadzar

Tes tulis


 

Tes lisan

Uraian


 

Uraian  

  • Jelaskan pengertian puasa Nadzardan dalilnya!
  • Jelaskan hukum puasa nadzar!
  • Jelaskan sebab-sebab terjadinya puasa nadzar!


 


 


 


 


 


 

Mengetahui

Kepala Madrasah


 


 


 


 


 

...........................................

NIP.

 

.............. , ...............................

Guru Bidang Studi Fiqih


 


 


 


 


 

..........................................

NIP.


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )


 

MTs    :     ...............................................

Mata Pelajaran     :    Fiqih

Kelas/Semester    :    VIII / 1

Alokasi Waktu     :    4 x 40 menit (1 Kali pertemuan)


 

  1. Standar Kompetensi

    2.     Memahami tatacara puasa         

  1. Kompetensi Dasar

    2.2    Menjelaskan macam-macam puasa

  2. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat menjelaskan pengertian puasa sunah dan dalilnya
  • Siswa dapat menjelaskan macam-macam puasa sunah
  • Siswa dapat menjelaskan hari-hari yang disunahkan dan diharamkan berpuasa
  1. Materi Pembelajaran
  • Puasa Sunah
  1. Metode Pembelajaran
  • Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
  • Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian puasa
  • Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
  • Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
  1. Langkah-langkah Pembelajaran

No 

Uraian Kegiatan 

Waktu 

1 

Kegiatan awal :

Apersepsi :

  • Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi puasa

Motivasi :

  • Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar puasa dan tatacaranya.

10 menit 

2 

Kegiatan
Inti :

  • Siswa membaca literatur/referensi tentang puasa. (fase eksplorasi)
  • Siswa mengamati demonstrasi guru tentang puasa dan tatacaranya (fase eksplorasi)
  • Membuat bagan puasa dan tatacaranya (fase elaborasi)
  • Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
  • Penguatan tentang pengertian puasa (fase konfirmasi)

60 Menit 

3 

Kegiatan akhir :

  • Tanya jawab tentang materi puasa.
  • Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian puasa untuk pertemuan selanjutnya.

10 menit 


 

  1. Sumber belajar dan media pembelajaran
  • Al Qur'an terjemahan dan hadits
  • Buku acuan Paket Fikih Depag
  • Alat: OHP/komputer,LCD.
  • Bahan: LKS, Bahan Presentasi


 


 


 

  1. Penilaian

Indikator Pencapaian 

Jenis Penilaian 

Bentuk Penilaian 

Contoh Instrumen 

  • Siswa dapat menjelaskan pengertian puasa sunah
  • Siswa dapat menjelaskan macam-macam puasa sunah
  • Siswa dapat menjelaskan hari-hari yang disunahkan berpuasa
  • Siswa dapat menyebutkan hari-hari yang diharamkan dan dimakruhkan berpuasa

Tes tulis


 

Tes lisan

Uraian


 

Uraian  

  • Jelaskan pengertian puasa sunah !


 

  • Sebutkan macam-macam puasa sunah !


 

  • Jelaskan hari-hari yang disunahkan, diharamkan dan dimakruhkan berpuasa!


 


 


 


 


 


 

Mengetahui

Kepala Madrasah


 


 


 


 


 

...........................................

NIP.

 

.............. , ...............................

Guru Bidang Studi Fiqih


 


 


 


 


 

..........................................

NIP.


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )


 


 

MTs    :     ...............................................

Mata Pelajaran     :    Fiqih

Kelas/Semester    :    VIII / 1

Alokasi Waktu     :    4 x 40 menit (1 Kali pertemuan)


 

  1. Standar Kompetensi

    3.     Melaksanakan tatacara zakat         

  1. Kompetensi Dasar

    3.1    Menjelaskan ketentuan zakat fitrah dan zakat maal

  2. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat menjelaskan pengertian zakat dan dalilnya
  • Siswa dapat menjelaskan syarat wajib zakat Fitrah
  • Siswa dapat menjelaskan waktu mengeluarkan zakat Fitrah
  • Siswa dapat menunjukkan ukuran zakat Fitrah
  • Siswa dapat menjelaskan pengertian maal dan dalilnya
  • Siswa dapat menjelaskan syarat wajib zakat maal
  • Siswa dapat enjelaskan waktu mengeluarkan zakat maal
  • Siswa dapat menghitung zakat harta yang wajib dikeluarkan (pertanian, Emas, maadin)
  1. Materi Pembelajaran
  • Zakat Fitrah dan zakat maal
  1. Metode Pembelajaran
  • Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
  • Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian zakat
  • Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
  • Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
  1. Langkah-langkah Pembelajaran

No 

Uraian Kegiatan 

Waktu 

1 

Kegiatan awal :

Apersepsi :

  • Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi zakat

Motivasi :

  • Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar zakat dan tatacaranya.

10 menit

2 

Kegiatan
Inti :

  • Siswa membaca literatur/referensi tentang zakat. (fase eksplorasi)
  • Siswa mengamati demonstrasi guru tentang zakat dan tatacaranya (fase eksplorasi)
  • Membuat bagan zakat dan tatacaranya (fase elaborasi)
  • Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
  • Penguatan tentang pengertian zakat (fase konfirmasi)

60 Menit 

3 

Kegiatan akhir :

  • Tanya jawab tentang materi zakat.
  • Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian zakat untuk pertemuan selanjutnya.

10 menit 


 

  1. Sumber belajar dan media pembelajaran
  • Al Qur'an terjemahan dan hadits
  • Buku acuan Paket Fikih Depag
  • Alat: OHP/komputer,LCD.
  • Bahan: LKS, Bahan Presentasi
  1. Penilaian

Indikator Pencapaian 

Jenis Penilaian 

Bentuk Penilaian 

Contoh Instrumen 

  • Siswa dapat menjelaskan pengertian zakat dan dalilnya
  • Siswa dapat menjelaskan syarat wajib zakat Fitrah
  • Siswa dapat menjelaskan waktu mengeluarkan zakat Fitrah
  • Siswa dapat menunjukkan ukuran zakat Fitrah
  • Siswa dapat menjelaskan pengertian maal dan dalilnya
  • Siswa dapat menjelaskan syarat wajib zakat maal
  • Siswa dapat menjelaskan waktu mengeluarkan zakat maal
  • Siswa dapat menghitung zakat harta yang wajib dikeluarkan (pertanian, Emas, maadin)

Tes tulis


 

Tes lisan

Uraian


 

Uraian  

  • Jelaskan pengertian zakat dan dalilnya!


 


 

  • Sebutkan syarat wajib zakat Fitrah !


 


 

  • Jelaskan pengertian maal dan dalilnya!


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Mengetahui

Kepala Madrasah


 


 


 


 


 

...........................................

NIP.

 

.............. , ...............................

Guru Bidang Studi Fiqih


 


 


 


 


 

..........................................

NIP.


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )


 

MTs    :     ...............................................

Mata Pelajaran     :    Fiqih

Kelas/Semester    :    VIII / 1

Alokasi Waktu     :    4 x 40 menit (1 Kali pertemuan)


 

  1. Standar Kompetensi

    3.     Melaksanakan tatacara zakat         

  1. Kompetensi Dasar

    3.2    Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat

  2. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat menjelaskan pengertian zakat maal dan dalilnya
  • Siswa dapat menjelaskan orang yang berhak menerima (mustahiq) zakat Fitrah
  • Siswa dapat menjelaskan macam-macam harta yang wajib dizakati
  • Siswa dapat syarat harta yang wajib dizakati
  • Siswa dapat menjelaskan mustahiq
    zakat harta
  1. Materi Pembelajaran
  • Mustakhiq zakat
  1. Metode Pembelajaran
  • Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
  • Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian zakat
  • Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
  • Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
  1. Langkah-langkah Pembelajaran

No 

Uraian Kegiatan 

Waktu 

1 

Kegiatan awal :

Apersepsi :

  • Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi zakat

Motivasi :

  • Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar zakat dan tatacaranya.

10 menit 

2 

Kegiatan
Inti :

  • Siswa membaca literatur/referensi tentang zakat. (fase eksplorasi)
  • Siswa mengamati demonstrasi guru tentang zakat dan tatacaranya (fase eksplorasi)
  • Membuat bagan zakat dan tatacaranya (fase elaborasi)
  • Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
  • Penguatan tentang pengertian zakat (fase konfirmasi)

60 Menit 

3 

Kegiatan akhir :

  • Tanya jawab tentang materi zakat.
  • Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian zakat untuk pertemuan selanjutnya.

10 menit 


 

  1. Sumber belajar dan media pembelajaran
  • Al Qur'an terjemahan dan hadits
  • Buku acuan Paket Fikih Depag
  • Alat: OHP/komputer,LCD.
  • Bahan: LKS, Bahan Presentasi
  1. Penilaian

Indikator Pencapaian

Jenis Penilaian 

Bentuk Penilaian 

Contoh Instrumen 

  • Siswa dapat menjelaskan orang yang berhak menerima (mustahiq) zakat Fitrah
  • Siswa dapat menjelaskan pengertian zakat maal dan dalilnya
  • Siswa dapat menjelaskan macam-macam harta yang wajib dizakati
  • Siswa dapat menjelaskan syarat harta yang wajib dizakati
  • Siswa dapat menjelaskan mustahiq
    zakat harta

Tes tulis


 

Tes lisan

Uraian


 

Uraian  

  • Sebutkan orang yang berhak menerima (mustahiq) zakat Fitrah !


 

  • Sebutkan macam-macam harta yang wajib dizakati!


 

  • Jelaskan syarat harta yang wajib dizakati


 


 


 


 

Mengetahui

Kepala Madrasah


 


 


 


 


 

...........................................

NIP.

 

.............. , ...............................

Guru Bidang Studi Fiqih


 


 


 


 


 

..........................................

NIP.


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )


 


 

MTs    :     ...............................................

Mata Pelajaran     :    Fiqih

Kelas/Semester    :    VIII / 1

Alokasi Waktu     :    4 x 40 menit (1 Kali pertemuan)


 

  1. Standar Kompetensi

    3.     Melaksanakan tatacara zakat         

  1. Kompetensi Dasar

    3.3    Mempraktekkan pelaksanaan zakat fitrah dan maal

  2. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat menghitung zakat harta
  • Siswa dapat memperagakan menjadi panitia zakat
  1. Materi Pembelajaran
  • Praktek Bazis
  1. Metode Pembelajaran
  • Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
  • Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian zakat
  • Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
  • Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
  1. Langkah-langkah Pembelajaran

No 

Uraian Kegiatan 

Waktu 

1 

Kegiatan awal :

Apersepsi :

  • Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi zakat

Motivasi :

  • Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar zakat dan tatacaranya.

10 menit 

2 

Kegiatan
Inti :

  • Siswa membaca literatur/referensi tentang zakat. (fase eksplorasi)
  • Siswa mengamati demonstrasi guru tentang zakat dan tatacaranya (fase eksplorasi)
  • Membuat bagan zakat dan tatacaranya (fase elaborasi)
  • Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
  • Penguatan tentang pengertian zakat (fase konfirmasi)

60 Menit 

3 

Kegiatan akhir :

  • Tanya jawab tentang materi zakat.
  • Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian zakat untuk pertemuan selanjutnya.

10 menit 


 


 

  1. Sumber belajar dan media pembelajaran
  • Al Qur'an terjemahan dan hadits
  • Buku acuan Paket Fikih Depag
  • Alat: OHP/komputer,LCD.
  • Bahan: LKS, Bahan Presentasi


 


 

  1. Penilaian

Indikator Pencapaian 

Jenis Penilaian 

Bentuk Penilaian 

Contoh Instrumen 

  • Siswa dapat menghitung zakat harta
  • Siswa dapat mendemostrasikan menjadi panitia zakat

Tes tulis


 

Unjuk kerja

Uraian


 

Uraian  

  • Jelaskan cara menghitung zakat harta!


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Mengetahui

Kepala Madrasah


 


 


 


 


 

...........................................

NIP.

 

.............. , ...............................

Guru Bidang Studi Fiqih


 


 


 


 


 

..........................................

NIP.


 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )


 

MTs    :     ...............................................

Mata Pelajaran     :    Fiqih

Kelas/Semester    :    VIII / 2

Alokasi Waktu     :    4 x 45 menit (1 Kali pertemuan)


 

  1. Standar Kompetensi

    4.     Memahami ketentuan pengeluaran harta diluar zakat         

  1. Kompetensi Dasar

    4.1    Menjelaskan ketentuan-ketentuan shadaqah, hibah dan hadiah

  2. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat menjelaskan pengertian shadaqah, hibah, hadiah dan dalilnya
  • Siswa dapat menjelaskan perbedaan Shadaqah, Hibah dan Hadiah
  • Siswa dapat memahami manfaat orang yang bershadaqah, hibah dan hadiah
  1. Materi Pembelajaran
  • Shadaqah, hibah dan hadiah
  1. Metode Pembelajaran
  • Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
  • Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian shadaqah, hibah, dan hadiah
  • Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
  • Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
  1. Langkah-langkah Pembelajaran

No 

Uraian Kegiatan 

Waktu 

1 

Kegiatan awal :

Apersepsi :

  • Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi shadaqah, hibah, dan hadiah

Motivasi :

  • Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar shadaqah, hibah, dan hadiah dan tatacaranya.

10 menit 

2 

Kegiatan
Inti :

  • Siswa membaca literatur/referensi tentang shadaqah, hibah, dan hadiah. (fase eksplorasi)
  • Siswa mengamati demonstrasi guru tentang shadaqah, hibah, dan hadiah dan tatacaranya (fase eksplorasi)
  • Membuat bagan shadaqah, hibah, dan hadiah dan tatacaranya (fase elaborasi)
  • Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
  • Penguatan tentang pengertian shadaqah, hibah, dan hadiah (fase konfirmasi)

60 Menit 

3 

Kegiatan akhir :

  • Tanya jawab tentang materi shadaqah, hibah, dan hadiah.
  • Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian shadaqah, hibah, dan hadiah untuk pertemuan selanjutnya.

10 menit 


 

  1. Sumber belajar dan media pembelajaran
  • Al Qur'an terjemahan dan hadits
  • Buku acuan Paket Fikih Depag
  • Alat: OHP/komputer,LCD, VCD tentang Sujud syukur
  • Bahan: LKS, Bahan Presentasi


 

  1. Penilaian

Indikator Pencapaian 

Jenis Penilaian 

Bentuk Penilaian 

Contoh Instrumen 

  • Siswa dapat menjelaskan pengertian Shadaqah, hibah, Hadiah dan dalilnya
  • Siswa dapat menjelaskan perbedaan Shadaqah, Hibah dan Hadiah
  • Siswa dapat menjelaskan manfaat orang yang bershadaqah, hibah dan hadiah

Tes tulis


 

Tes lisan

Uraian


 

Uraian  

  • Jelaskan pengertian Shadaqah, hibah, Hadiah dan dalilnya!


 


 

  • Sebutkan perbedaan antara Shadaqah, Hibah dan Hadiah


 


 


 


 


 


 

Mengetahui

Kepala Madrasah


 


 


 


 


 

...........................................

NIP.

 

.............. , ...............................

Guru Bidang Studi Fiqih


 


 


 


 


 

..........................................

NIP.


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )


 


 

MTs    :     ...............................................

Mata Pelajaran     :    Fiqih

Kelas/Semester    :    VIII / 2

Alokasi Waktu     :    2 x 45 menit (1 Kali pertemuan)


 

  1. Standar Kompetensi

    4.     Memahami ketentuan pengeluaran harta diluar zakat         

  1. Kompetensi Dasar

    4.2    Mempraktekkan shadaqah, hibah dan hadiah

  2. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa membiasakan mengeluarkan shadaqah, hibah, hadiah dan dalilnya
  1. Materi Pembelajaran
  • Praktek Bazis
  1. Metode Pembelajaran
  • Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
  • Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian shadaqah, hibah, dan hadiah
  • Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
  • Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
  1. Langkah-langkah Pembelajaran

No 

Uraian Kegiatan 

Waktu 

1 

Kegiatan awal :

Apersepsi :

  • Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi shadaqah, hibah, dan hadiah

Motivasi :

  • Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar shadaqah, hibah, dan hadiah dan tatacaranya.

10 menit 

2 

Kegiatan
Inti :

  • Siswa membaca literatur/referensi tentang shadaqah, hibah, dan hadiah. (fase eksplorasi)
  • Siswa mengamati demonstrasi guru tentang shadaqah, hibah, dan hadiah dan tatacaranya (fase eksplorasi)
  • Membuat bagan shadaqah, hibah, dan hadiah dan tatacaranya (fase elaborasi)
  • Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
  • Penguatan tentang pengertian shadaqah, hibah, dan hadiah (fase konfirmasi)

60 Menit 

3 

Kegiatan akhir :

  • Tanya jawab tentang materi shadaqah, hibah, dan hadiah.
  • Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian shadaqah, hibah, dan hadiah untuk pertemuan selanjutnya.

10 menit 


 

  1. Sumber belajar dan media pembelajaran
  • Al Qur'an terjemahan dan hadits
  • Buku acuan Paket Fikih Depag
  • Alat: OHP/komputer,LCD, VCD tentang Sujud syukur
  • Bahan: LKS, Bahan Presentasi


 

  1. Penilaian

Indikator Pencapaian 

Jenis Penilaian

Bentuk Penilaian 

Contoh Instrumen 

  • Siswa dapat membiasakan diri melaksanakan Shadaqah, Hibah dan Hadiah

Unjuk kerja

Uraian 

  • Bagaimanakah cara agar kita bisa membiasakan diri melaksanakan Shadaqah, Hibah dan Hadiah!


 


 


 


 


 


 


 


 

Mengetahui

Kepala Madrasah


 


 


 


 


 

...........................................

NIP.

 

.............. , ...............................

Guru Bidang Studi Fiqih


 


 


 


 


 

..........................................

NIP.


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )


 


 

MTs    :     ...............................................

Mata Pelajaran     :    Fiqih

Kelas/Semester    :    VIII / 2

Alokasi Waktu     :    6 x 40 menit (1 Kali pertemuan)


 

  1. Standar Kompetensi

    5.     Memahami hukum Islam tentang Haji dan Umrah         

  1. Kompetensi Dasar

    5.1    Menjelaskan ketentuan ibadah haji dan umrah

  2. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat menjelaskan pengertian haji dan dalilnya
  • Siswa dapat menjelaskan syarat wajib haji
  • Siswa dapat menjelaskan rukun, wajib dan sunah
    haji
  • Siswa dapat menjelaskan rukun dan wajib haji
  • Siswa dapat menjelaskan larangan ibadah haji
  • Siswa dapat memahami tata urutan pelaksanaan ibadah haji
  • Siswa dapat menjelaskan pengertian umrah dan dalilnya
  • Siswa dapat menjelaskan syarat sah umrah
  • Siswa dapat memahami tata urutan pelaksanaan umrah
  • Siswa dapat menjelaskan larangan dalam ibadah umrah
  1. Materi Pembelajaran
  • Haji dan umrah
  1. Metode Pembelajaran
  • Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
  • Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang ibadah haji dan umrah
  • Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
  • Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
  1. Langkah-langkah Pembelajaran

No 

Uraian Kegiatan

Waktu 

1 

Kegiatan awal :

Apersepsi :

  • Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi ibadah haji dan umrah

Motivasi :

  • Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar ibadah haji dan umrah dan tatacaranya.

10 menit 

2 

Kegiatan
Inti :

  • Siswa membaca literatur/referensi tentang ibadah haji dan umrah. (fase eksplorasi)
  • Siswa mengamati demonstrasi guru tentang ibadah haji dan umrah dan tatacaranya (fase eksplorasi)
  • Membuat bagan ibadah haji dan umrah dan tatacaranya (fase elaborasi)
  • Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
  • Penguatan tentang pengertian ibadah haji dan umrah (fase konfirmasi)

60 Menit 

3 

Kegiatan akhir :

  • Tanya jawab tentang materi ibadah haji dan umrah.
  • Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian ibadah haji dan umrah untuk pertemuan selanjutnya.

10 menit 

  1. Sumber belajar dan media pembelajaran
  • Al Qur'an terjemahan dan hadits
  • Buku acuan Paket Fikih Depag
  • Alat: OHP/komputer,LCD, VCD tentang Sujud syukur
  • Bahan: LKS, Bahan Presentasi
  1. Penilaian

Indikator Pencapaian 

Jenis Penilaian 

Bentuk Penilaian 

Contoh Instrumen 

  • Siswa dapat menjelaskan pengertian haji dan dalilnya
  • Siswa dapat menjelaskan syarat wajib haji
  • Siswa dapat menjelaskan rukun, wajib dan sunah
    haji
  • Siswa dapat menjelaskan rukun dan wajib haji
  • Siswa dapat menjelaskan larangan ibadah haji
  • Siswa dapat menjelaskan tata urutan pelaksanaan ibadah haji
  • Siswa dapat menjelaskan pengertian umrah dan dalilnya
  • Siswa dapat menjelaskan syarat sah umrah
  • Menjelaskan tata urutan pelaksanaan umrah
  • Menjelaskan larangan dalam ibadah umrah
  • Mempraktekkan ibadah umrah

Tes tulis


 


 


 

Tes lisan


 


 


 

Unjuk Kerja

Uraian 

  • Jelaskan pengertian haji dan dalilnya!


 

  • Sebutkan rukun wajib dan sunah
    haji!


 

  • Jelaskan pengertian pengertian umrah dan dalilnya!


 

  • Sebutkan rukun syarat sah umrah!


 


 


 


 


 


 


 


 

Mengetahui

Kepala Madrasah


 


 


 


 


 

...........................................

NIP.

 

.............. , ...............................

Guru Bidang Studi Fiqih


 


 


 


 


 

..........................................

NIP.


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )


 

MTs    :     ...............................................

Mata Pelajaran     :    Fiqih

Kelas/Semester    :    VIII / 2

Alokasi Waktu     :    6 x 40 menit (1 Kali pertemuan)


 

  1. Standar Kompetensi

    5.     Memahami hukum Islam tentang Haji dan Umrah

  1. Kompetensi Dasar

    5.2    Menjelaskan macam-macam haji

  2. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat menjelaskan tentang haji
    Ifran
  • Siswa dapat menjelaskan tentang haji
    Qiran
  • Siswa dapat menjelaskan tentang haji
    Tamatu'
  1. Materi Pembelajaran
  • Haji dan umrah
  1. Metode Pembelajaran
  • Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
  • Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang ibadah haji dan umrah
  • Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
  • Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
  1. Langkah-langkah Pembelajaran

No 

Uraian Kegiatan 

Waktu 

1 

Kegiatan awal :

Apersepsi :

  • Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi ibadah haji dan umrah

Motivasi :

  • Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar ibadah haji dan umrah dan tatacaranya.

10 menit 

2 

Kegiatan
Inti :

  • Siswa membaca literatur/referensi tentang ibadah haji dan umrah. (fase eksplorasi)
  • Siswa mengamati demonstrasi guru tentang ibadah haji dan umrah dan tatacaranya (fase eksplorasi)
  • Membuat bagan ibadah haji dan umrah dan tatacaranya (fase elaborasi)
  • Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
  • Penguatan tentang pengertian ibadah haji dan umrah (fase konfirmasi)

60 Menit 

3 

Kegiatan akhir :

  • Tanya jawab tentang materi ibadah haji dan umrah.
  • Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian ibadah haji dan umrah untuk pertemuan selanjutnya.

10 menit


 

  1. Sumber belajar dan media pembelajaran
  • Al Qur'an terjemahan dan hadits
  • Buku acuan Paket Fikih Depag
  • Alat: OHP/komputer,LCD, VCD tentang Sujud syukur
  • Bahan: LKS, Bahan Presentasi


 

  1. Penilaian

Indikator Pencapaian 

Jenis Penilaian 

Bentuk Penilaian 

Contoh Instrumen

  • Siswa dapat mejelaskan tentang haji
    Ifran
  • Siswa dapat menjelaskan haji
    Qiran
  • Siswa dapat menjelaskan haji
    Tamatu'
  • Siswa dapat membedakan antara haji Ifrad, Qiran dan Tamatu'

Tes tulis


 

Tes lisan


 

Unjuk Kerja 

Uraian 

  • Jelaskan tentang haji
    Ifran!


 

  • Jelaskan tentang haji
    Qiran!


 

  • Jelaskan tentang haji
    Tamatu'!


 


 


 


 


 


 

Mengetahui

Kepala Madrasah


 


 


 


 


 

...........................................

NIP.

 

.............. , ...............................

Guru Bidang Studi Fiqih


 


 


 


 


 

..........................................

NIP.


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )


 


 

MTs    :     ...............................................

Mata Pelajaran     :    Fiqih

Kelas/Semester    :    VIII / 2

Alokasi Waktu     :    2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)


 

  1. Standar Kompetensi

    5.     Memahami hukum Islam tentang Haji dan Umrah         

  1. Kompetensi Dasar

    5.3    Mempraktekkan tatacara ibadah haji dan umrah

  2. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat melafalkan do'a manasik haji
  • Siswa dapat memperagakan manasik haji secara berkelompok
  1. Materi Pembelajaran
  • Haji dan umrah
  1. Metode Pembelajaran
  • Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
  • Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang ibadah haji dan umrah
  • Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
  • Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
  1. Langkah-langkah Pembelajaran

No 

Uraian Kegiatan 

Waktu 

1 

Kegiatan awal :

Apersepsi :

  • Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi ibadah haji dan umrah

Motivasi :

  • Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar ibadah haji dan umrah dan tatacaranya.

10 menit 

2 

Kegiatan
Inti :

  • Siswa membaca literatur/referensi tentang ibadah haji dan umrah. (fase eksplorasi)
  • Siswa mengamati demonstrasi guru tentang ibadah haji dan umrah dan tatacaranya (fase eksplorasi)
  • Membuat bagan ibadah haji dan umrah dan tatacaranya (fase elaborasi)
  • Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
  • Penguatan tentang pengertian ibadah haji dan umrah (fase konfirmasi)

60 Menit 

3 

Kegiatan akhir :

  • Tanya jawab tentang materi ibadah haji dan umrah.
  • Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian ibadah haji dan umrah untuk pertemuan selanjutnya.

10 menit 


 

  1. Sumber belajar dan media pembelajaran
  • Al Qur'an terjemahan dan hadits
  • Buku acuan Paket Fikih Depag
  • Alat: OHP/komputer,LCD, VCD tentang Sujud syukur
  • Bahan: LKS, Bahan Presentasi


 

  1. Penilaian

Indikator Pencapaian 

Jenis Penilaian

Bentuk Penilaian 

Contoh Instrumen 

  • Siswa dapat melafalkan do'a manasik haji
  • Siswa dapat mempraktekkan manasik haji secara berkelompok

Unjuk Kerja

Uraian 

  • Sebutkan lafal do'a manasik haji!


 


 


 


 


 


 

Mengetahui

Kepala Madrasah


 


 


 


 


 

...........................................

NIP.

 

.............. , ...............................

Guru Bidang Studi Fiqih


 


 


 


 


 

..........................................

NIP.


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )


 

MTs    :     ...............................................

Mata Pelajaran     :    Fiqih

Kelas/Semester    :    VIII / 2

Alokasi Waktu     :    4 x 40 menit (1 Kali pertemuan)


 

  1. Standar Kompetensi

    6.     Memahami hukum Islam tentang makanan dan minuman         

  1. Kompetensi Dasar

    6.1    Menjelaskan jenis-jenis makanan dan minuman halal

  2. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat menjelaskan pengertian makanan dan minuman halal
  • Siswa dapat menyebutkan jenis – jenis makanan dan minuman yang halal.
  1. Materi Pembelajaran
  • Makanan dan minuman halal
  1. Metode Pembelajaran
  • Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
  • Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang hukum Islam tentang makanan dan minuman
  • Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
  • Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
  1. Langkah-langkah Pembelajaran

No 

Uraian Kegiatan 

Waktu 

1 

Kegiatan awal :

Apersepsi :

  • Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi hukum Islam tentang makanan dan minuman

Motivasi :

  • Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar hukum Islam tentang makanan dan minuman.

10 menit 

2 

Kegiatan
Inti :

  • Siswa membaca literatur/referensi tentang hukum Islam tentang makanan dan minuman. (fase eksplorasi)
  • Membuat bagan hukum Islam tentang makanan dan minuman (fase elaborasi)
  • Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
  • Penguatan tentang pengertian hukum Islam tentang makanan dan minuman (fase konfirmasi)

60 Menit 

3 

Kegiatan akhir :

  • Tanya jawab tentang materi hukum Islam tentang makanan dan minuman.
  • Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian hukum Islam tentang makanan dan minuman untuk pertemuan selanjutnya.

10 menit 


 

  1. Sumber belajar dan media pembelajaran
  • Sumber: Al Qur'an terjemahan dan hadits
  • Buku acuan Paket Fikih Depag
  • Alat: OHP/komputer,LCD, gelas, piring
  • Bahan: LKS, Bahan Presentasi, miras
  1. Penilaian

Indikator Pencapaian 

Jenis Penilaian 

Bentuk Penilaian 

Contoh Instrumen 

  • Siswa dapat menjelaskan pengertian makanan dan minuman halal
  • Siswa dapat menyebutkan jenis – jenis makanan dan minuman yang halal.
  • Siswa dapat menyebutkan cara memperoleh makanan dan minuman yang halal
  • Siswa dapat menunjukkan manfaat makanan dan minuman yang halal
  • Siswa dapat menjelaskan dasar-dasar hukum makanan yang halal

Unjuk Kerja

Uraian 

  • Jelaskan pengertian makanan dan minuman halal!


 


 

  • Sebutkan jenis – jenis makanan dan minuman yang halal!


 


 


 

Mengetahui

Kepala Madrasah


 


 


 


 


 

...........................................

NIP.

 

.............. , ...............................

Guru Bidang Studi Fiqih


 


 


 


 


 

..........................................

NIP.


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )


 


 

MTs    :     ...............................................

Mata Pelajaran     :    Fiqih

Kelas/Semester    :    VIII / 2

Alokasi Waktu     :    2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)


 

  1. Standar Kompetensi

    6.     Memahami hukum Islam tentang makanan dan minuman         

  1. Kompetensi Dasar

    6.2    Menjelaskan manfaat mengkonsumsi makanan dan minuman halal

  2. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat menjelaskan manfaat mengkonsumsi makanan halal
  1. Materi Pembelajaran
  • Makanan dan minuman halal
  1. Metode Pembelajaran
  • Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
  • Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang hukum Islam tentang makanan dan minuman
  • Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
  • Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
  1. Langkah-langkah Pembelajaran

No 

Uraian Kegiatan 

Waktu 

1 

Kegiatan awal :

Apersepsi :

  • Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi hukum Islam tentang makanan dan minuman

Motivasi :

  • Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar hukum Islam tentang makanan dan minuman.

10 menit 

2 

Kegiatan
Inti :

  • Siswa membaca literatur/referensi tentang hukum Islam tentang makanan dan minuman. (fase eksplorasi)
  • Membuat bagan hukum Islam tentang makanan dan minuman (fase elaborasi)
  • Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
  • Penguatan tentang pengertian hukum Islam tentang makanan dan minuman (fase konfirmasi)

60 Menit 

3 

Kegiatan akhir :

  • Tanya jawab tentang materi hukum Islam tentang makanan dan minuman.
  • Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian hukum Islam tentang makanan dan minuman untuk pertemuan selanjutnya.

10 menit 


 

  1. Sumber belajar dan media pembelajaran
  • Sumber: Al Qur'an terjemahan dan hadits
  • Buku acuan Paket Fikih Depag
  • Alat: OHP/komputer,LCD, gelas, piring
  • Bahan: LKS, Bahan Presentasi, miras
  1. Penilaian

Indikator Pencapaian 

Jenis Penilaian 

Bentuk Penilaian 

Contoh Instrumen 

  • Siswa dapat menyebutkan manfaat mengkonsumsi makanan halal
  • Siswa dapat menjelaskan manfaat mengkonsumsi makanan halal

Unjuk Kerja

Uraian 

  • Sebutkan manfaat mengkonsumsi makanan halal!


 


 


 


 


 


 


 


 

Mengetahui

Kepala Madrasah


 


 


 


 


 

...........................................

NIP.

 

.............. , ...............................

Guru Bidang Studi Fiqih


 


 


 


 


 

..........................................

NIP.


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )


 

MTs    :     ...............................................

Mata Pelajaran     :    Fiqih

Kelas/Semester    :    VIII / 2

Alokasi Waktu     :    4 x 40 menit (1 Kali pertemuan)


 

  1. Standar Kompetensi

    6.     Memahami hukum Islam tentang makanan dan minuman         

  1. Kompetensi Dasar

    6.3    Menjelaskan jenis-jenis makanan dan minuman haram

  2. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat menjelaskan menjelaskan pengertian makanan dan minuman haram
  • Siswa dapat menjelaskan menyebutkan jenis – jenis makanan dan minuman yang haram.
  • Siswa dapat menjelaskan menjelaskan dasar-dasar hukum makanan yang haram
  1. Materi Pembelajaran
  • Makanan dan minuman haram
  1. Metode Pembelajaran
  • Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
  • Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang hukum Islam tentang makanan dan minuman
  • Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
  • Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
  1. Langkah-langkah Pembelajaran

No 

Uraian Kegiatan 

Waktu 

1 

Kegiatan awal :

Apersepsi :

  • Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi hukum Islam tentang makanan dan minuman

Motivasi :

  • Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar hukum Islam tentang makanan dan minuman.

10 menit 

2 

Kegiatan
Inti :

  • Siswa membaca literatur/referensi tentang hukum Islam tentang makanan dan minuman. (fase eksplorasi)
  • Membuat bagan hukum Islam tentang makanan dan minuman (fase elaborasi)
  • Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
  • Penguatan tentang pengertian hukum Islam tentang makanan dan minuman (fase konfirmasi)

60 Menit 

3 

Kegiatan akhir :

  • Tanya jawab tentang materi hukum Islam tentang makanan dan minuman.
  • Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian hukum Islam tentang makanan dan minuman untuk pertemuan selanjutnya.

10 menit 


 

  1. Sumber belajar dan media pembelajaran
  • Sumber: Al Qur'an terjemahan dan hadits
  • Buku acuan Paket Fikih Depag
  • Alat: OHP/komputer,LCD, gelas, piring
  • Bahan: LKS, Bahan Presentasi, miras
  1. Penilaian

Indikator Pencapaian 

Jenis Penilaian 

Bentuk Penilaian 

Contoh Instrumen 

  • Siswa dapat menjelaskan pengertian makanan dan minuman haram
  • Siswa dapat menyebutkan jenis – jenis makanan dan minuman yang haram.
  • Siswa dapat menyebutkan cara memperoleh makanan dan minuman yang haram
  • Siswa dapat menunjukkan manfaat makanan dan minuman yang haram
  • Siswa dapat menjelaskan dasar-dasar hukum makanan yang haram

Tes tulis


 


 


 

Tes lisan


 


 


 

Unjuk Kerja

Uraian 

  • Jelaskan pengertian makanan dan minuman haram!


 

  • Sebutkan jenis – jenis makanan dan minuman yang haram!


 

  • Sebutkan manfaat makanan dan minuman yang haram!


 


 


 

Mengetahui

Kepala Madrasah


 


 


 


 


 

...........................................

NIP.

 

.............. , ...............................

Guru Bidang Studi Fiqih


 


 


 


 


 

..........................................

NIP.


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )


 

MTs    :     ...............................................

Mata Pelajaran     :    Fiqih

Kelas/Semester    :    VIII / 2

Alokasi Waktu     :    2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)


 

  1. Standar Kompetensi

    6.     Memahami hukum Islam tentang makanan dan minuman         

  1. Kompetensi Dasar

    6.4    Menjelaskan bahayanya mengkonsumsi makanan dan minuman haram

  2. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat menyebutkan bahayanya mengkonsumsi makanan dan minuman yang haram
  • Siswa dapat menunjukkan contoh makanan dan minuman haram
  • Siswa dapat menjelaskan bahayanya mengkonsumsi makanan dan minuman haram
  1. Materi Pembelajaran
  • Makanan dan minuman haram
  1. Metode Pembelajaran
  • Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
  • Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang hukum Islam tentang makanan dan minuman
  • Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
  • Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
  1. Langkah-langkah Pembelajaran

No 

Uraian Kegiatan 

Waktu 

1 

Kegiatan awal :

Apersepsi :

  • Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi hukum Islam tentang makanan dan minuman

Motivasi :

  • Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar hukum Islam tentang makanan dan minuman.

10 menit 

2 

Kegiatan
Inti :

  • Siswa membaca literatur/referensi tentang hukum Islam tentang makanan dan minuman. (fase eksplorasi)
  • Membuat bagan hukum Islam tentang makanan dan minuman (fase elaborasi)
  • Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
  • Penguatan tentang pengertian hukum Islam tentang makanan dan minuman (fase konfirmasi)

60 Menit 

3 

Kegiatan akhir :

  • Tanya jawab tentang materi hukum Islam tentang makanan dan minuman.
  • Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian hukum Islam tentang makanan dan minuman untuk pertemuan selanjutnya.

10 menit 


 

  1. Sumber belajar dan media pembelajaran
  • Sumber: Al Qur'an terjemahan dan hadits
  • Buku acuan Paket Fikih Depag
  • Alat: OHP/komputer,LCD, gelas, piring
  • Bahan: LKS, Bahan Presentasi, miras
  1. Penilaian

Indikator Pencapaian 

Jenis Penilaian 

Bentuk Penilaian 

Contoh Instrumen 

  • Siswa dapat menyebutkan bahayanya mengkonsumsi makanan dan minuman yang haram
  • Siswa dapat menunjukkan contoh makanan dan minuman haram
  • Siswa dapat menjelaskan bahayanya mengkonsumsi makanan dan minuman haram

Tes tulis


 


 


 

Tes lisan

Uraian 

  • Sebutkan bahayanya mengkonsumsi makanan dan minuman yang haram!


 


 

  • Sebutkan contoh makanan dan minuman haram!


 


 


 

Mengetahui

Kepala Madrasah


 


 


 


 


 

...........................................

NIP.

 

.............. , ...............................

Guru Bidang Studi Fiqih


 


 


 


 


 

..........................................

NIP.


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )


 

MTs    :     ...............................................

Mata Pelajaran     :    Fiqih

Kelas/Semester    :    VIII / 2

Alokasi Waktu     :    2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)


 

  1. Standar Kompetensi

    6.     Memahami hukum Islam tentang makanan dan minuman         

  1. Kompetensi Dasar

    6.5    Menjelaskan jenis-jenis binatang yang halal dan haram dimakan

  2. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat menjelaskan jenis binatang yang halal dimakan
  • Siswa dapat menjelaskan jenis binatang yang haram dimakan
  • Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri binatang yang haram dimakan
  1. Materi Pembelajaran
  • Binatang halal dan haram
  1. Metode Pembelajaran
  • Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
  • Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang binatang yang halal dan haram dimakan
  • Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
  • Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
  1. Langkah-langkah Pembelajaran

No 

Uraian Kegiatan 

Waktu 

1 

Kegiatan awal :

Apersepsi :

  • Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi binatang yang halal dan haram dimakan

Motivasi :

  • Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar binatang yang halal dan haram dimakan.

10 menit 

2 

Kegiatan
Inti :

  • Siswa membaca literatur/referensi tentang binatang yang halal dan haram dimakan. (fase eksplorasi)
  • Membuat bagan binatang yang halal dan haram dimakan (fase elaborasi)
  • Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
  • Penguatan tentang pengertian binatang yang halal dan haram dimakan (fase konfirmasi)

60 Menit 

3 

Kegiatan akhir :

  • Tanya jawab tentang materi binatang yang halal dan haram dimakan.
  • Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian binatang yang halal dan haram dimakan untuk pertemuan selanjutnya.

10 menit 


 

  1. Sumber belajar dan media pembelajaran
  • Sumber: Al Qur'an terjemahan dan hadits
  • Buku acuan Paket Fikih Depag
  • Alat: OHP/komputer,LCD, gelas, piring
  • Bahan: LKS, Bahan Presentasi, daging yang haram


 

  1. Penilaian

Indikator Pencapaian

Jenis Penilaian 

Bentuk Penilaian 

Contoh Instrumen 

  • Siswa dapat menjelaskan jenis binatang yang halal dimakan
  • Siswa dapat menjelaskan jenis binatang yang haram dimakan
  • Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri binatang yang haram dimakan

Tes tulis


 


 


 

Tes lisan 

Uraian 

  • Sebutkan jenis binatang yang halal dimakan!


 


 

  • Sebutkan jenis binatang yang haram dimakan!


 


 


 


 


 


 

Mengetahui

Kepala Madrasah


 


 


 


 


 

...........................................

NIP.

 

.............. , ...............................

Guru Bidang Studi Fiqih


 


 


 


 


 

..........................................

NIP.

0 komentar:

Muhammad Inda Ridwana. Diberdayakan oleh Blogger.